Senin, 22 Juli 2019

RPP Mapel TIK Kelas XII Semester 1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP I)

Sekolah : SMA Gamaliel
Kelas/Semester : XII/1
Mata Pelajaran : TIK
Alokasi Waktu : 4 jam

Standar Kompetensi
1. Pengenalan Tool-Tool CorelDraw



Kompetensi Dasar
1.1 Pengenalan Tool-Tool CorelDraw

Indikator
1.1.1 Menjelaskan Pengertian Grafis berbasis Berbasis Vektor
1.1.2 Menjelaskan Pengertian Grafis Berbasis Bitmap
1.1.3 Mendemonstrasikan Tool-Tool Pada Corel Draw

I. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui ceramah, siswa dapat mendeskripsikan Grafis Berbasis Vektor

2. Melalui ceramah, Siswa dapat mendeskripsikan Grafis Berbasis Bitmap

3. Melalui Praktek siswa dapat mengidentifikasikan Tool-Tool pada Corel Draw

II. Materi Pembelajaran
1. Grafis Berbasis Vektor

2. Grafis Berbasis Bitmap

3. Fungsi Tool Box Corel Draw

III. Metode Pembelajaran
1. Mendemonstrasikan
2. Penjelasan
3. Praktek

IV. Langkah-Langkah Kegiatan


Pertemuan Pertama (2 x 45 Menit)
1 Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
a. Orientasi
· Menayangkan Manfaat dari Program Grafis
· Menyampaikan tujuan pembelajaran (Presentasi)

b. Apersepsi
· Mereview Kembali pengertian program atau aplikasi

c. Motivasi
· Memotivasi siswa dengan memberikan contoh-contoh objek-objek Grafis yang dapat dibuat pada  program Corel Draw

2. Kegiatan Inti (60 Menit)
a. Eksplorasi
· Menjelaskan Pengertian Grafis Berbasis Vektor
· Menjelaskan Pengertian Grafis Berbasis Bitmap

b. Elaborasi
· Siswa Menjelaskan dengan bahasa sendiri perbedaan antara Grafis Vektor dan grafis Bitmap

c. Konfirmasi

- Melakukan tanya jawab kepada siswa mengenai manfaat program grafis Corel draw

4. Kegiatan penutup (20 Menit)
a. Melakukan Refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
b. Menarik kesimpulan tentang pengertian Grafis Berbasis Vektor
c. Menarik Kesimpulan tentang pengertian grafis Berbasis Bitmap

V. Sumber/Alat Pembelajaran
Komputer, LCD

VI. Penilaian
1. Penilaian Pengetahuan : Tugas Tertulis
2. Penilaian Keterampilan: Praktek
3. Penilaian Sikap : Observasi

VII. Bentuk Instrumen dan Instrumen:
a) Bentuk Instrumen Test Tertulis (Uraian)

Instrumen:
1) Jelaskan Pengertian Desain Grafis?
2) Jelaskan Perbedaan antara Vektor dan Bitmap?

b) Bentuk Instrument praktek
Instrumen:

Mendesain Logo BMW dengan menggunakan CorelDraw





Tidak ada komentar:

Posting Komentar