Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP I)
Sekolah : SMA Gamaliel
Kelas/Semester : XII/1
Mata Pelajaran : TIK
Alokasi Waktu : 4 jam
Standar Kompetensi
1. Pengenalan Tool-Tool CorelDraw
Kompetensi Dasar
1.1 Pengenalan Tool-Tool CorelDraw
Indikator
1.1.1 Menjelaskan Pengertian Grafis berbasis Berbasis Vektor
1.1.2 Menjelaskan Pengertian Grafis Berbasis Bitmap
1.1.3 Mendemonstrasikan Tool-Tool Pada Corel Draw
I. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui ceramah, siswa dapat mendeskripsikan Grafis Berbasis Vektor
2. Melalui ceramah, Siswa dapat mendeskripsikan Grafis Berbasis Bitmap
3. Melalui Praktek siswa dapat mengidentifikasikan Tool-Tool pada Corel Draw
II. Materi Pembelajaran
1. Grafis Berbasis Vektor
2. Grafis Berbasis Bitmap
3. Fungsi Tool Box Corel Draw
III. Metode Pembelajaran
1. Mendemonstrasikan
2. Penjelasan
3. Praktek
IV. Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama (2 x 45 Menit)
1 Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
a. Orientasi
· Menayangkan Manfaat dari Program Grafis
· Menyampaikan tujuan pembelajaran (Presentasi)
b. Apersepsi
· Mereview Kembali pengertian program atau aplikasi
c. Motivasi
· Memotivasi siswa dengan memberikan contoh-contoh objek-objek Grafis yang dapat dibuat pada program Corel Draw
2. Kegiatan Inti (60 Menit)
a. Eksplorasi
· Menjelaskan Pengertian Grafis Berbasis Vektor
· Menjelaskan Pengertian Grafis Berbasis Bitmap
b. Elaborasi
· Siswa Menjelaskan dengan bahasa sendiri perbedaan antara Grafis Vektor dan grafis Bitmap
c. Konfirmasi
- Melakukan tanya jawab kepada siswa mengenai manfaat program grafis Corel draw
4. Kegiatan penutup (20 Menit)
a. Melakukan Refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
b. Menarik kesimpulan tentang pengertian Grafis Berbasis Vektor
c. Menarik Kesimpulan tentang pengertian grafis Berbasis Bitmap
V. Sumber/Alat Pembelajaran
Komputer, LCD
VI. Penilaian
1. Penilaian Pengetahuan : Tugas Tertulis
2. Penilaian Keterampilan: Praktek
3. Penilaian Sikap : Observasi
VII. Bentuk Instrumen dan Instrumen:
a) Bentuk Instrumen Test Tertulis (Uraian)
Instrumen:
1) Jelaskan Pengertian Desain Grafis?
2) Jelaskan Perbedaan antara Vektor dan Bitmap?
b) Bentuk Instrument praktek
Instrumen:
Mendesain Logo BMW dengan menggunakan CorelDraw
Tidak ada komentar:
Posting Komentar